Posted by: Barly Wicaksono | 9 August, 2007

Dikerjain Sistem Operasi

Dikerjain orang mungkin sudah biasa, tapi lain halnya dengan dikerjai sistem operasi…

Jadi begini ceritanya, kan saya membeli notebook baru tuh..baru aj 1 minggu (sombong nih..). Dalam pembelian notebook tersebut saya mendapatkan CD recovery linux dari vendor notebook tersebut, padahal saya kira saya tidak dapat apa-apa namun kenyataan berkata lain.

Lalu seperti biasa, pertama kali yang saya lakukan adalah menggunakan cd tersebut untuk diinstal kedalam notebook saya. Agaknya distro linux yang satu ini agak membingungkan karena untuk menginstal saja harus masuk dahulu ke mode ROOT.maklumlah namanya juga distro pabrikan, padahal setahu saya distro lain tidak perlu mode itu.

Setelah semua berjalan lancar dan tak ada kekurangan suatu apapun maka saya membawa notebook saya ke kampus untuk uji coba wireless. dengan semangat saya menekan tombol power lalu menunggu masuk ke SO. lalu saya agak berpikir, “saya kan belum pernah pake linux !” trus gimana caranya setting wireless?.

Tapi itu tak menciutkan nyali saya menggunakan linux….Setelah cukup lama saya mensetting ini itu namun wireless tidak menunjukkan keadaan aktif. setelah itu saya menyerah dan bertanya kepada teman saya, namun dia malah menjelaskan katanya suruh setting samba terlebih dahulu…(tambah bingung). yah jelas aja saya bingung, kan samba buat sharing…ko tau2 di buat wireless!.

Siang datang akhirnya saya pulang..setelah maghrib saya berdoa supaya bisa mensetting wireless pd NB saya. lalu saya kembali menyalakan notebook saya dan mengutak-atik semua setting di sistemnya…nah ketika saya mulai mensetting wireless setelah beberapa kali klik tahu-tahu service device eth0 terdeteksi dilayar dan menandakan wireless sudah siap digunakan…padahal dari pagi saya berkutat di tempat yang sama untuk mendeteksi NIC saya….huh bt banget ga sih….tapi puas juga akhirnya bisa dipake….maklumlah masih newbie semester 2 di UII lagi…hehehehehe.

Eh udah pas udah bisa kedeteksi trus ku restart NB ku agar settingannya menjadi optimal. Tapi kemudian apa yang terjadi? Malah untuk masuk kedalam OS aj ga bisa…ya udah terpaksa ga dipake dulu deh linuxnya coz males install ulang….


Leave a Reply

Categories

