Posted by: Barly Wicaksono | 12 August, 2007

Virus Handphone Symbian

Open software is the basic building block for a converged mobile experience. By the end of 2010 we expect four billion people to have joined the global mobile conversation. For many of these people, their mobile device will not just be a phone or a music player, but will host their first experience of the Internet. With this in mind, industry leaders came together to establish the Symbian Foundation. Their aim? To bring to life a shared vision of the most proven, open and complete mobile software platform – and to make it available for free.

—————————————————————————————————————————————————————————————————————-

Bagi yang memiliki handphone berplatform symbian, hal ini tidaklah mengagetkan. Karena hal ini sudah terjadi sejak tahun 2004 keatas dimulai sejak munculnya handphone berplatform symbian. Mengapa hal ini dapat terjadi, karena dalam platform symbian mengijinkan untuk ditambahkan program yang berekstensi *.sis atau *.jar.

Hal inilah yang mendorong para pembuat program/programmer berlomba-lomba untuk menciptakan virus dari bahasa pemrograman java atau symbian. Sudah banyak masyarakat yang handphonenya terinfeksi virus berekstension *sis seperti cabir, commwarrior, dll.

Hal ini terjadi karena user tidak mengetahui akan file yang mereka terima yang kebanyakan berasal dari Bluetooth dan lainnya dari transfer file melalui card reader atau infra red.

Ketika mereka menerima file tersebut, mereka berasumsi bahwa file tersebut sedang dikirim oleh seseorang atau kawan mereka yang ditujukan untuk mereka.

Padahal viruslah yang secara otomatis mengirimkan file tersebut melalui handphone yang sudah terinfeksi sebelumnya.

Sebenarnya hal ini tidaklah menjadi sebuah masalah bagi yang sudah mengetahui masalah ini dan pastinya mereka teersenyum saat mereka melihat nama yang muncul dilayar hp mereka.

Ini adalah tips untuk menghindari atau untuk menerima virus :

1.Gunakan program explorer untuk menerima dan melihat atau memindahkan pesan yang diterima.

2.Jangan pernah membuka atau mengklik pesan yang diterima sebelum anda mengetahui asal pengirimnya dan jenis ekstensinya karena hp yang telah terinfeksi virus biasanya akan mengirim file copyan dirinya melalui bluetooth seperti caribe.sis


Responses

  1. mas saya mau tanya,hpku nokia 6600,aku mau pindah file dari memory card ke flash disk kok lama banget.kenapa mas ?tp kalo di hp tidak ada masalah,cuma kalo habis mati diaktifkan pengaturan jamnya nunngu,kalao dulu habis di tekan langsung muncul pengaturan tanggal…trimsh atas jawabannya…

  2. @ Didik :

    1. Pindah memori ke flash disk lama karena speed memori yang terbatas dan waktu penulisan dari card reader tidak secepat usb..

    2. Kalo masalah jam di HP nunggu, brati loading HP nya lama ya..

  3. hpq 5233. WaktU d isi btere q matiin. Trusq idupin lg tp pas buka galeri file fotoy pada ilang. Trny ad file yg gx bisa dbka n dihapus. Pa ni viruz g5n cr ngilanginy. Thanks.

  4. @ vira :

    Kemungkinan virus juga bisa…
    tapi coba bukanya via kabel data…
    biasanya ketutupnya di hp, tapi di komputer enggak…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: